BREAKING NEWS :
Loading...

KOPI BATIK BESEMAH #2 Kolaborasi & Berbagi bareng Kombel Co-Kapten Nusantara


Flyer Webinar

 Salam Teknologi, Salam Merdeka Belajar!



Bapak ibu para pembaca dan pengunjung blog yang budiman, kegiatan aksi nyata di level 4 Berbagi & Berkolaborasi dalam kegiatan PembaTIK 4 tahun 2023 ini Kopi Batik Besemah #2(Kolaborasi PembaTIK Berbagi Praktik Baik Pembelajaran yang Seru dan menyenangkan) dilanjutkan bersama Konco Batik Nusantara (Kolaborasi Co-Kapten Berbagi Praktik Baik Se-nusantara). Komunitas belajar ini di gagas oleh para Co-Kapten Belajar.id di berbagai provinsi dan  Ketuanya adalah Bapak Asep yuyun yang merupakan Co-Kapten Belajar.id dari Jakarta Barat.
Menyanyikan lagu indonesia raya

10 Co-Kapten Belajar.id yang juga sahabat teknologi 2023  berkolaborasi dan berbagi dalam 3  seri webinar yang dimulai dari hari Senin s.d Rabu, 16 s.d. 18 Oktober 2023. Satu sesinya diisi oleh 3 sahabat teknologi yang saling berkolaborasi dibantu oleh sahabat teknologi lainnya menjadi host serta moderator.
Para Narasumber Webinar Konco Batik Nusantara



Sambutan dari PLT Direktur SMP
 Kemendikbudristek

Di hari Minggu tanggal 16 oktober 2023, saya bersama  Bapak Asep Yuyun ( STK Provinsi DKI Jakarta) dan ibu Era Delvia Sari  (STK Provinsi Jambi) bertiga berkolaborasi dan berbagi dimulai pukul 19.00 s.d. 20.30 WIB. Acara webinar dipandu oleh Ibu Novia Ayu Lestari (STK Provinsi Bengkulu), dan juga dibuka oleh Bapak Drs. I Nyoman Rudi Kurniawan, M.T.(PLT Direktur SMP, Kemendikbudristek).

 Dalam sesi sambutan Bapak Direktur tidak bisa hadir secara virtual namun telah menitipkan video tapping sebelumnya. Dalam sambutannya beliau mendukung sekali kegiatan ini dan memberikan semangat pada kami para co-Kapten untuk terus berbagi.

Saat pak Asep Yuyun berbagi tentang Pembelajaran DIMANJA


Ibu Era Berbagi praktik Baik METADATA


Di sesi berbagi praktik baik pembelajaran memanfaatkan TIK dalam Pembelajaran, diawali dari pak Asep yang berbagi praktik baik mengenai "Pembelajaran DIMANJA"Yaitu singkatan dari Pembelajaran Kooperatif P5 Melalui Pemanfaatan Akun Belajar Id dan Canva. Sedangkan ibu Era Delvia Sari membagikan praktik baiknya berjudul Metadata (Membangun Kota dengan Menggunakan Canva)


Dalam kegiatan berbagi ini, saya berbagi praktik baik  bertajuk Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Pembelajaran Yang Menyenangkan. Saya mengangkat topik ini untuk berbagi dikarenakan saya tergerak dari situasi dimana banyak sekolah yang mungkin mengalami kendala seperti saya dalam penerapan TIK dalam pembelajaran dikarenakan akses internet, fasilitas yang kurang memadai serta kondisi dan situasi lainnya. Selain itu sebagai bentuk penerapan apa yang saya dapatkan ketika saya mengikuti pembaTIK tahun 2022 dan 2023 mengenai Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI).

Tampilan awal slide berbagi saya dalam sesi berbagi Praktik baik

Dalam mewujudkan pembelajaran menyenangkan dan  berpusat pada peserta didik, kita dapat mengupayakan berbagai cara, diantaranya dengan menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran juga ada banyak jenisnya, salah satunya media pembelajaran interaktif (MPI).Media Pembelajaran Interaktif adalah alat bantu berbasis multimedia yang dapat menjabarkan pesan atau informasi dari guru ke siswa yang dalam prosesnya terjadi komunikasi aktif dua arah antara multimedia dengan pengguna (siswa) yang bertujuan mempermudah proses pembelajaran. Keunggulan lainnya adalah terdapat kontrol pada pengguna, yaitu siswa, materi lebih rinci dan lengkap, navigasi lebih lengkap dan memudahkan untuk mengeksplorasi, ada penilaian/evaluasi interaktif dan dapat diakses murid kapan saja dan dimana saja untuk pengayaan atau penguatan materi.

Sesi berbagi praktik baik pembelajaran

Sesi berbagi praktik baik pembelajaran


Dalam sesi berbagi kali ini saya membagikan bagaimana cara mengkolaborasikan berbagai  platform pendidikan seperti canva, google form, Liveworksheet, Google doc, serta Quizziz untuk membuat sebuah microsite yang menjadi solusi untuk sekolah yang mana tidak semua kelasnya mempunyai Proyektor dan layarnya. Untuk sekolah yang akses internetnya kurang memadai, saya berbagi praktik baik yang telah saya lakukan dengan memanfaatkan Smart Apps Creator (SAC) dan juga menggunakan Microsoft Power Point (PPT) membuat Media Pembelajaran Interaktif yang bisa diakses di laptop tanpa menggunakan internet. Dalam pemanfaatan ini bisa menggunakan metode api unggun atau juga mercusuar.
Saat menunjukkan MPI dengan powerpoint
tanpa galau jaringan internet


Di akhir sesi berbagi saya menyampaikan bahwa media pembelajaran dan teknologi adalah alat bantu. Media Pembelajaran interaktif harus memperkuat dan melengkapi proses belajar, bukan menggantikan guru.  Teknologi tidak dapat menggantikan peran guru.Guru tetap memegang peran penting dalam penggunaan media pembelajaran tersebut.

Foto bersama para peserta

Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih  80 peserta  (yang sampai mengisi daftar hadir hanya 71 peserta) secara daring dan juga diikuti oleh peserta yang menonton dari live streaming Youtubenya pak Asep Yuyun, dan mereka dari berbagai daerah dan provinsi. Selain itu beberapa guru yang juga bertanya dalam sesi tanya jawab. Dalam sesi tanya jawab, kedua penanya rertarik dan terinspirasi bertanya kepada saya mengenai praktik baik yang telah saya lakukan. Berikut ini video live streamingnya.


 


Tabel Daftar Hadir Peserta Webinar Konco Batik Nusantara #1


Semoga kegiatan berbagi dan berkolaborasi kali ini dapat bermanfaat bagi saya pribadi dan menginspirasi juga teman-teman guru peserta lainnya.

#PembaTIK2023
#BLPT#KemdikbudristekRI
 #MerdekaBelajar #PMM #GWFE #CanvaForEDU
#SahabatTeknologi2023
#STKSumsel
#BismillahGoDTK2023






Posting Komentar

2 Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan memberikan umpan balik