BREAKING NEWS :
Loading...

Kopi Batik Besemah #3 Webinar SMART ID Bersama Sahabat Teknologi Sumatera Selatan



Flyer Kegiatan Webinar Smart-ID


 Salam Teknologi, Salam Merdeka Belajar!



Bapak ibu para pembaca dan pengunjung blog yang budiman, kegiatan aksi nyata di level 4 Berbagi & Berkolaborasi dalam kegiatan PembaTIK 4 tahun 2023 ini Kopi Batik Besemah #3(Kolaborasi PembaTIK Berbagi Praktik Baik Pembelajaran yang Seru dan menyenangkan) dilanjutkan bersama Sahabat teknologi Sumatera Selatan Tahun 2023. Dalam kolaborasi ini, saya bersama dua sahabat teknologi dan juga Guru Hebat Kimia tingkat SMA serta sama-sama Co-Kapten Belajar Id Sumatera Selatan.

Sambutan dari Kepala BGP Prov Sumsel

Kegiatan webinar ini dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 17 Oktober 2023, pukul 15.00 s.d. 16.30 WIB. Kegiatan ini mendapatkan dukungan dari Kepala Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Sumatera Selatan yaitu ibu Ohorella Erma, M.Ikom yang hadir dan memberikan sambutan ditengah kepadatan jadwal beliau. Dalam sesi sambutan ibu Kepala sangat  mendukung sekali kegiatan ini dan memberikan semangat pada kami para co-Kapten dan sahabat teknologi untuk terus berbagi , bergerak dan berdampak.

Dalam sesi ini, saya bertindak sebagai moderator sekaligus Narasumber ketiga. Sedangkan ibu Rani dan Pak Febri bertindak sebagai Host dan Co-Host. Turut hadir juga beberapa Duta Teknologi Provinsi Sumatera Selatan, seperti Bapak Ardius (Dutek Sumsel tahun 2018) dan juga bapak Wahyu Hidayat (Dutek Sumsel tahun 2021) memantau kegiatan ini.

Sesi Foto bersama dengan peserta


Sesi Ibu Rani Nawang Sari berbagi baik

Sesi berbagi diawali oleh ibu Rani Nawang Sari, guru Kimia SMAN 2 OKU, Fasilitator Guru Penggerak, Co-Kapten belajar.id kab.OKU, dan juga Sahabat Teknologi Sumatera Selatan 2023. Dalam sesi ini, bu Rani berbagi praktik baiknya yang berjudul Profilateks (Project Based Learning Lateks dengan Teknologi) yang sangat menarik terutama untuk pembelajaran Kimia yang kontekstual sekali sesuai kearifan lokal di daerah ibu Rani dengan memanfaatkan fitur Google Workspace For Education dan juga akun Belajar.id

Sesi Bapak Febri Sulih pambudi berbagi praktik baik



Bapak Febri Sulih Pambudi (Guru Kimia SMA N Rupit, Co Kapten belajar.id Kab.Musi Rawas Utara, dan juga Sahabat Teknologi Sumatera Selatan 2023) melanjutkan berbagi praktik baik mengenai Pembelajaran Kimia Menarik dan Berdifferensiasi dengan TIK. Beliau membagikan praktik baik pembuatan microsite dengan menggunakan Google slide yang memanfaatkan akun belajar.id.


Di sesi terakhir, saya berbagi praktik baik  bertajuk BERBATIK MAPAN (Pembelajaran Bahasa INGGRIS berbasis TIK dengan MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF menyenangkan dan ramah jaringan)Saya mengangkat topik ini untuk berbagi dikarenakan saya tergerak dari situasi dimana banyak sekolah yang mungkin mengalami kendala seperti saya dalam penerapan TIK dalam pembelajaran dikarenakan akses internet, fasilitas yang kurang memadai serta kondisi dan situasi lainnya. Selain itu sebagai bentuk penerapan apa yang saya dapatkan ketika saya mengikuti pembaTIK tahun 2022 dan 2023 mengenai Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI).

Dalam mewujudkan pembelajaran menyenangkan dan  berpusat pada peserta didik, kita dapat mengupayakan berbagai cara, diantaranya dengan menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran juga ada banyak jenisnya, salah satunya media pembelajaran interaktif (MPI).Media Pembelajaran Interaktif adalah alat bantu berbasis multimedia yang dapat menjabarkan pesan atau informasi dari guru ke siswa yang dalam prosesnya terjadi komunikasi aktif dua arah antara multimedia dengan pengguna (siswa) yang bertujuan mempermudah proses pembelajaran. Keunggulan lainnya adalah terdapat kontrol pada pengguna, yaitu siswa, materi lebih rinci dan lengkap, navigasi lebih lengkap dan memudahkan untuk mengeksplorasi, ada penilaian/evaluasi interaktif dan dapat diakses murid kapan saja dan dimana saja untuk pengayaan atau penguatan materi.

Dokumentasi Saat sesi berbagi

Saat menunjukkan sesi icebreaking bersama siswa 
dengan jamboard


Saat menunjukkan sintaks pelaksanaan kegiatan


Dalam sesi berbagi kali ini saya membagikan bagaimana cara mengkolaborasikan berbagai  platform pendidikan seperti canva, google form, Liveworksheet, Google doc, serta Quizziz untuk membuat sebuah microsite yang menjadi solusi untuk sekolah yang mana tidak semua kelasnya mempunyai Proyektor dan layarnya. Untuk sekolah yang akses internetnya kurang memadai, saya berbagi praktik baik yang telah saya lakukan dengan memanfaatkan Smart Apps Creator (SAC) dan juga menggunakan Microsoft Power Point (PPT) membuat Media Pembelajaran Interaktif yang bisa diakses di laptop tanpa menggunakan internet. Dalam pemanfaatan ini bisa menggunakan metode api unggun atau juga mercusuar.

Di akhir sesi berbagi saya menyampaikan bahwa media pembelajaran dan teknologi adalah alat bantu. Media Pembelajaran interaktif harus memperkuat dan melengkapi proses belajar, bukan menggantikan guru.  Teknologi tidak dapat menggantikan peran guru.Guru tetap memegang peran penting dalam penggunaan media pembelajaran tersebut.

Saat sesi tanya jawab dengan salah satu peserta


Rekaman sesi berbagi melalui Room Google Meet oleh ibu Rani Nawang Sari

Tabel Daftar Hadir Peserta Webinar SMART-ID


Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih  33 Peserta secara daring melalui link Google Meet.Selain itu beberapa guru yang juga bertanya dalam sesi tanya jawab bahkan membuat sesi webinar berlangsung hingga lebih dari pukul 16.40 WIB. Semoga kegiatan berbagi dan berkolaborasi kali ini dapat bermanfaat bagi saya pribadi dan menginspirasi juga teman-teman guru peserta lainnya.

#PembaTIK2023
#BLPT#KemdikbudristekRI
 #MerdekaBelajar #PMM #GWFE #CanvaForEDU
#SahabatTeknologi2023
#STKSumsel
#BismillahGoDTK2023






Posting Komentar

0 Komentar