BREAKING NEWS :
Loading...

Kopi Batik Besemah #4 Berbagi Praktik Baik di Rumah Sendiri



Salam Teknologi, Salam Merdeka Belajar

Rangkaian rencana aksi nyata Berbagi & Berkolaborasi di Pembatik Level 4 kali ini dilaksanakan secara luring di sekolah sendiri, SMA Negeri 1 Kisam Ilir bersama rekan-rekan guru. Kolak Batik Besemah yang ke-4 kali ini dilaksanakan pada hari Rabu, 18 Oktober 2023 saat jam istirahat sekolah di ruang guru bersama beberapa guru yang sedang santai. Kegiatan berbagi ini dilaksanakan secara sederhana dikarenakan di sekolah sedang juga bersamaan melaksanakan kegiatan Program ROOTS Duta Perubahan Anti Bullying bagi siswa/i di ruang Lab.Komputer SMAN 1 Kisam ilir bersama pihak Polsek Muaradua Kisam.
Rekan guru yang mengikuti kegiatan berbagi

Dalam kegiatan ini saya berbagi bagaimana cara melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran interaktif tanpa jaringan sebagai solusi permasalahan jaringan di daerah kami yang masih sering terkendala, terutama apabila saat listrik padam.

Sekolah kami berada di pedesaan yang jauh dari ibukota (kurang lebih 60 Km dari pusat ibukota Kabupaten) dan infrastruktur sarana dan prasarana sekolah masih belum memadai. Tantangan berikutnya adalah tidak semua peserta didik memiliki gawai dikarenakan kondisi ekonomi orangtua siswa rata-rata keluarga pra-sejahtera. Tantangan selanjutnya adalah di sekolah kami belum memiliki jumlah fasilitas komputer/laptop/chromebook serta proyektor memadai untuk digunakan dalam pembelajaran. Namun saat saya mempraktikkan pembelajaran berbasis TIK dikelas, siswa/i senantiasa menunjukan kesan positif dan antusias tinggi dari mereka. Untuk itulah saya tergerak untuk membuat suatu inovasi yang harapannya dapat juga menjadi inspirasi bagi rekan guru lainnya.

Dalam kegiatan berbagi pada hari ini adalah berbagi solusi pembelajaran yang menyenangkan dan terintegrasi TIK (digitalisasi) yang ramah jaringan, dengan cara pembuatan Microsite pembelajaran dengan Canva dan juga Ms.Powerpoint. Dalam pembuatan microsite saya menunjukkan kepada rekan guru bentuk contoh dan cara pemanfaatannya baik di kelas dalam pembelajaran tatap muka ataupun dapat digunakan dalam model pembelajaran flip classroom atau model pembelajaran blended learning. Dalam pembuatan Microsite ini, guru dapat membuatnya dengan mudah hanya melalui gawai mereka dan dapat mengkolaborasikannya dengan berbagai fitur Google workspace for Education dan belajar.id seperti Google Doc, Google Form, Google Site, Quizziz, Canva For Education, Google Slide, dan juga Portal SIBI Kemendikbudristek.  Peserta didik juga dapat mengaksesnya tidak hanya di sekolah, tapi juga di rumah mereka masing-masing. 

Sedangkan untuk praktik baik Media Pembelajaran Interaktif (MPI) Sederhana dari Ms.Powerpoint dan Smart Apps Creator (S.A.C) hadir sebagai solusi untuk pembelajaran berbasis TIK tanpa jaringan namun tetap bermakna. 

Meski tanpa proyektor (dikarenakan sedang digunakan dalam kegiatan lainnya yang bersamaan) dan hanya diikuti oleh kurang lebih 10 orang guru, kegiatan berbagi selama setengah jam ini tetap berjalan dengan menggunakan laptop dan gawai guru yang ada. Guru-guru yang mengikuti kegiatan ini penasaran lebih lanjut bagaimana cara merancangnya.  Berhubung singkatnya waktu, maka kegiatan ini insya Allah akan dilanjutkan lagi dengan guru-guru tentang bagaimana cara merancangnya sehingga menjadi Microsite ataupun Media Pembelajaran Interaktif Offline. 

Demikian cerita kegiatan berbagi hari ini, dari kegiatan ini semoga menjadi inspirasi bahwasanya kekurangan dan keterbatasan bukan menjadi halangan untuk terus berinovasi untuk kemajuan pendidikan.

#PembaTIK2023
#BLPT#KemdikbudristekRI
 #MerdekaBelajar #PMM #GWFE #CanvaForEDU
#SahabatTeknologi2023
#STKSumsel
#BismillahGoDTK2023







 

Posting Komentar

0 Komentar