BREAKING NEWS :
Loading...

VLOG BERBATIK MAPAN : Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK dengan MPI yang Menyenangkan dan Ramah Jaringan

Salam teknologi, salam merdeka belajar



Halo sahabat di manapun berada, kali ini saya ingin berbagi tentang vlog inovasi pembelajaran tugas akhir pembaTIK tahun 2023. Sahabat tentu sudah kenal dengan apa itu pembaTIK bukan? Oh belum, baik kita bahas ya. Kata PembaTIK merupakan akronim dari Pembelajaran Berbasis TIK. PembaTIK adalah program peningkatan kompetensi pendidik dalam kegiatan Belajar, Mengajar dan Berkarya untuk mendukung terciptanya Inovasi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka dengan mengedepankan Pemanfaatan Platform Teknologi. Peningkatan Kompetensi TIK guru ini mengacu pada standar kompetensi TIK yang terdiri dari 4 level, yakni level literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi & berkolaborasi.

Tahun 2023 adalah tahun kedua saya mengikuti program pembaTIK setelah sebelumnya di tahun 2022 saya mengikuti pertama kali dan alhamdulillah tembus hingga menjadi runner Up Pembatik tahun 2022 (Hampir sedikit lagi menjadi duta Rumah belajar). Saya selalu bersemangat mengikuti kegiatan PembaTIK adalah karena banyak sekali ilmu dan wawasan baru dan itu sangat baik menurut saya dalam meningkatkan kompetensi saya dalam berinovasi dengan memanfaatkan TIK. Selain itu, melalui kegiatan ini, saya dapat banyak sahabat guru hebat dan menginspirasi dari berbagai daerah bersama para guru Sahabat Teknologi yang memiliki beragam kompetensi, sehingga dapat menjadi referensi bagi saya dalam mengembangkan pembelajaran.

Pada tahun ini, PembaTIK 2023 level 4 hadir dengan tengan tema : "Menguatkan Ekosistem Digital Pendidikan Dengan Berkarya dan Berbagi Untuk Wujudkan Merdeka Belajar", maka Sahabat Teknologi Tahun 2023 melakukan empat kegiatan utama selama berada di Level 4, yaitu :
  • Merancang Inovasi Pembelajaran berupa salah satu model pembelajaran inovatif berbasis TIK yang berpusat pada murid dan bersifat kolaboratif dengan memanfaatkan Platform Teknologi 
  • Berbagi Inovasi Pembelajaran yang dilakukan kepada Ibu dan Bapak guru, dimana dimulai dari sekolah sendiri, dan menyusul ke sekolah-sekolah lain, dan dapat juga dilakukan secara luring dan daring, dan dapat dilakukan secara mandiri maupun dengan kolaborasi.
  • Membuat Vlog Inovasi Pembelajaran, dan ;
  • Membuat Blog Inovasi Pembelajaran.

Pada tugas merancang inovasi pembelajaran, saya merancang inovasi pembelajaran yang saya beri judul BERBATIK MAPAN (Pembelajaran Berbasis TIK dengan Media Pembelajaran Interaktif yang Menyenangkan dan Ramah Jaringan). Dalam inovasi ini, saya mencobanya di kelas X dalam materi pembelajaran Bahasa Inggris dengan model pembelajaran discovery learning dan metode Blended Learning. Saya memilih pembelajaran dengan metode Blended Learning karena Bila dibandingkan dengan metode pembelajaran daring atau tatap muka saja, tentu saja blended learning jauh lebih efektif. Lewat metode pembelajaran ini, kita bisa merasakan dua suasana sekaligus, yakni belajar daring dan luring. Dengan begitu, kita tidak akan mudah bosan dan bersemangat untuk menjalani proses pembelajaran.
Dalam inovasi ini hal yang paling saya utamakan adalah bagaimana membawa pembelajaran di kelas dengan mengintegrasikan TIK dengan peralatan sarana/prasarana dan jaringan yang tidak memadai. Oleh sebab itu saya merancang microsite dengan menggunakan Canva dan S.Id untuk pembelajaran daringnya, dan juga MPI dengan Smart APPS Creator dan Microsoft Powerpoint ( disimpan dalam bentuk Power Point Show) Sebagai alternatif dan solusi pembelajaran digital tanpa jaringan. Media Pembelajaran ini mempunyai kelebihan lain untuk menjadi media pembelajaran di rumah bagi siswa sebagai penguatan dan pengayaan mereka belajar di rumah.
Adapun dalam merancang inovasi BERBATIK MAPAN ini, saya menggunakan berbagai platform digital sebagai berikut :
  1. PMM, Sebagai sumber inspirasi , referensi untuk video pembelajaran
  2. Canva for education ,Untuk membuat berbagai aset desain MPI, membuat template slide dan juga lembar kerja(student worksheet) serta microsite
  3. Google Form ,sebagai media asesmen diagnostik siswa
  4. Google Jamboard, sebagai media icebreaking
  5. Google Slide , sebagai  merancang slide presentasi 
  6. Liveworkshet, sebagai media Lembar kerja digital
  7. Quizziz, sebagai media asesmen formatif
  8. S.id, sebagai media pemendek link dan media pembuatan Microsite alternatif
  9. MS Power Point, sebagai media pembuatan MPI tanpa jaringan
  10. Smart Apps Creator, sebagai media pembuatan MPI tanpa jaringan
Dalam merancang materi pembelajarannya, saya mengangkat topik judul teks deskriptif (Descriptive text) sesuai dengan kearifan lokal yaitu tentang tempat-tempat wisata yang ada di sumatera selatan dan khususnya di kabupaten OKU Selatan, seperti jembatan Ampera (Ampera Bridge) dan Danau Ranau (Ranau Lake). Hal ini supaya materi pembelajaran dapat semakin dekat dan kontekstual dengan kehidupan murid.

Pada tugas berbagi dan berkolaborasi inovasi pembelajaran, saya merancang action plan yang dapat mendukung saya melaksanakan kegiatan berbagi. Action plan ini saya namai KOPI BATIK BESEMAH (Kolaborasi Pembatik Berbagi Praktik Baik Pembelajaran Seru dan Menyenangkan). Dalam action plan ini, saya mengangkat kearifan lokal Besemah menjadi akronimnya sebagai bentuk dari apresiasi kearifan lokal yang mana suku di OKU Selatan nenek moyangnya salah satunya berasal dari suku BESEMAH. Adapun action plan saya untuk kegiatan berbagi dan berkolaborasi adalah sebagai berikut dengan berkolaborasi antar sesama Sahabat teknologi dari lintas provinsi, co-captain belajar id, Balai Guru Penggerak Provinsi Sumatera Selatan(BGP Provinsi Sumsel), Rekan guru di Sekolah sendiri dan juga di organisasi profesi yang saya pimpin, Ikatan Guru Indonesia (IGI) Daerah kab.OKU Selatan dan semuanya alhamdulillah terlaksana semua dengan cukup baik.

  1. Webinar (daring) kolaborasi dengan kombel Gerakan Guru Muda Berbagi TIK (GARUDA BATIK 22) Eps 2, pada hari Minggu, tanggal 15 Oktober 2023. (selengkapnya)
  2. Webinar (daring) kolaborasi dengan kombel Konco Batik Nusantara (Kolaborasi Co-Kapten Berbagi Praktik Baik Nusantara), Eps 1, pada hari Senin, tanggal 16 Oktober 2023.(selengkapnya)
  3. Webinar (daring) SMART ID kolaborasi dengan dua Sahabat Teknologi Provinsi Sumatera Selatan dan di dukung oleh Balai Guru Penggerak (BGP) Sumsel pada hari Selasa, tanggal 17 Oktober 2023.(selengkapnya)
  4. Sosialisasi (luring) tentang Berbatik MAPAN di sekolah sendiri SMAN 1 Kisam ilirpada hari Rabu, tanggal 18 Oktober 2023 (selengkapnya)
  5. Webinar (daring) SEMANTIK #2 (Semangat berbagi Praktik Baik) kolaborasi dengan dua Sahabat Teknologi lintas provinsi lagi dalam komunitas organisasi profesi Ikatan Guru Indonesia (IGI) daerah Kab.OKU Selatan pada hari Selasa, tanggal 17 Oktober 2023.(selengkapnya)


Berikut adalah vlog inovasi pembelajaran dan kegiatan berbagi dan berkolaborasi di pembaTIK level 4 tahun 2023 ini.


Dari kegiatan pembaTIK tahun 2023 ini, hikmah yang saya bisa petik bahwasanya keterbatasan dan tantangan bukanlah menjadi alasan kita sebagai insan pendidik untuk menyerah dengan keadaan. Ada banyak solusi inovatif dan kreatif untuk mewujudkan pembelajaran berbasis TIK dan digital yang berpusat pada murid dan sesuai dengan harapan Kurikulum Merdeka.

Maka dari itu saya selalu bersemangat untuk terus belajar dan belajar dari para guru-guru hebat dan inspiratif lainnya untuk memperbaiki kompetensi saya dan menumbuhkan semangat belajar sepanjang hayat . Mari bersama-sama, kita menguatkan Ekosistem Digital Pendidikan Dengan Berkarya dan Berbagi Untuk Wujudkan Merdeka Belajar.


Posting Komentar

24 Komentar

  1. Sukses selalu Bapak, semangat selalu untuk berkarya, berbagi dan berkolaborasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sukses selalu juga untuk ibu guru. Thanks bu udah mampir.

      Hapus
  2. Balasan
    1. Siap pak, masih belajar terus ini pak. Terima kasih sudah mampir

      Hapus
  3. Sangat menginspirasi pak.... Semoga tetap bisa kolaborasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks pak Erfan, Amiin, semoga kita terus tetap berkolaborasi untuk berbagi praktik baik kita ya pak meski pembatik nanti sudah selesai

      Hapus
  4. Semangat terus Mr Randy, berkarya demi mencerdaskan bangsa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin thnks sir Niko, semangat terus pokoknya untuk sir Niko

      Hapus
  5. Sangat Menginspirasi Pak Randy..good job

    BalasHapus
  6. Informasi yang sangat bermanfaat dan menambah wawasan baru terkait pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, terutama bagi guru yang sekolahnya terkendala jaringan internet yang memadai. Semoga selalu menginspirasi pak Randy 💪🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih bu Riva, pak Fadli, ya betul praktik baik inovasi ini terinspirasi dari keterbatasan dan kendala yang sering kita hadapi di daerah. Semoga dapat dicontoh dan dikembangkan lebih baik lagi disekolah ibu bapak.

      Hapus
  7. Luar biasa, sangat menginspirasi jadi tambah semangat membuat inovasi media pembelajaran,.ditunggu karya-karya selanjutnya dan juga praktik baiknya pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siaap pak makasih umpan baliknya, ditunggu juga pak berbagi praktik baiknya setelah ikut kegiatan literasi kemarin di IGI OKU Selatan ya hehe

      Hapus
  8. Menginspirasi,,,, kereeen,,, sy tertarik untuk mengadopsi praktik baik yg bapak lakukan

    BalasHapus
  9. Keren pak Randy Oktari, Alhamdulillah cerita vlog nya dalam berbagi praktik dalam pemanfaatan Media Pembelajaran menjadi kan inspirasi bagi kami seorang pendidik di era digital ini, tetap semangat...berbagi praktik nya pak 🙏

    BalasHapus
  10. Semangat pak.. Terima kasih telah berbagi praktik baik, semoga kami dapat mengikuti jejak bapak dan memanfaatkan salah satunya

    BalasHapus
  11. Masyaallah keren pak..sangat bermanfaat dan menginspirasi..semangat dan sukses selalu...

    BalasHapus
  12. Tema yang diangkat sangat menginspirasi. Semangat berbagi dan berkolaborasi mantap. Terus lanjut Sahabat Teknologi 👍

    BalasHapus
  13. Komplit sekali Pak Ketua. Mantap betul dan menginspirasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komplit kayak martabak ya mister ? Makasih mister, mister salah satu sumber inspirasi saya, thanks sir udah mampir dan memberikan feedback

      Hapus
  14. Keren, sangat menginspirasi dan bermanfaat. Semoga kami bisa seperti bapak, semangat pak

    BalasHapus
  15. Keren pak dan sangat menginspirasi

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan memberikan umpan balik