BREAKING NEWS :
Loading...

Refleksi Sesi Sinkronus PembaTIK Level 4 Sumsel : Merancang Aksi Nyata Berbagi dan berkolaborasi

Salam Teknologi, Salam Merdeka Belajar.


Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan saya kesempatan lagi untuk masuk ke tahap tertinggi dalam kegiatan PembaTIK tahun 2023 ini, yaitu di level Berbagi dan Berkolaborasi. Di tahapan ini, para peserta nya adalah 30 besar dari setiap provinsi dan adalah para guru-guru hebat dari kabupaten/kota di provinsi masing-masing. 

Setelah kegiatan Kuliah Umum PembaTIK level 4 tahun 2023 beberapa hari yang lalu, di hari ini (Kamis, 12 Oktober 2023), saya mengikuti kegiatan sesi sinkronus Pembatik Level 4 Sumatera Selatan bersama para Duta Teknologi (sebutan terbaru untuk Duta Rumah Belajar yang diresmikan mulai tahun 2022) Sumatera Selatan, dan juga dihadiri oleh ibu Ai Sri Nurhayati dan acara dipandu oleh ibu Tikka Fitria Syarif dari BLPT (Balai Layanan Platform Teknologi) dari Pusdatin Kemendikbudristek.


Kegiatan yang dimulai pada pukul 15.30 WIB ini dijadwalkan selesai pada pukul 17.30. Kegiatan dibuka oleh ibu Ai Sri Nurhayati yang menjelaskan sekilas tentang  ketentuan tugas umum untuk pembaTIK 2023 dan batas waktunya. 


Webinar dilanjutkan pemaparan materi oleh para Duta Teknologi Sumatera Selatan diantaranya yang pertama pemaparan oleh Bapak Wahyu Hidayat (Dutek Sumsel tahun 2021) tentang Inovasi Pembelajaran, lalu dilanjutkan pemaparan oleh ibu Betty Marlina (Dutek Sumsel tahun 2020) yang membahas tentang Ketentuan kegiatan berbagi dalam webinar dan juga berbagi dalam moda luring. 

Bapak Ahmad Ardius (Dutek Sumsel tahun 2018), yang membahas tentang apa itu VLOG dan bagaimana cara membuat Vlog yang baik dan benar, dilanjutkan Pak Dwi Setyono (Dutek Sumsel Tahun 2022) membawakan materi tentang ketentuan tugas blog dan menampilkan praktik baik blognya yang bertemakan Lateks bermutu yang membawa beliau menjadi Duta Teknologi tahun 2022. 


Selanjutnya panitia membagi kami para peserta pembaTIK 2023 kedalam BOR (break out room) kecil untuk pemaparan rencana Aksi berbagi & berkolaborasi.Sesuai tema PembaTIK tahun 2023 level 4 ini "Menguatkan Ekosistem Digital Pendidikan dengan Berkarya dan Berbagi untuk wujudkan Merdeka Belajar", setiap peserta menampilkan dan mempresentasikan rencananya dengan gaya masing-masing dan semuanya keren-keren. Ada yang menampilkan akronim khas kearifan lokalnya, ada juga dengan rencana inovasi pembelajarannya yang keren, ada yang berencana menggandeng pihak dinas kabupaten/kota setempat, ada yang ingin berbagi di komunitas sekolah, komunitas antar sekolah dan lain sebagainya. Semua peserta mencoba menampilkan versi terbaiknya.


Saya mendapatkan kesempatan peserta dua dari terakhir sebelum ibu Eis dari kab.Ogan Komering Ulu. Dalam rencana aksi saya, saya mengangkat tema kearifan lokal sebagai akronimnya yaitu Kopi Batik Besemah (Kolaborasi PembaTIK dalam berbagi Praktik Baik Pembelajaran  Berbasis TIK untuk Pembelajaran yang Seru dan Menyenangkan hati). Dalam Rencana aksi berbagi saya, saya merencanakan kegiatan kolaborasi dan berbagi daring dan luring sebanyak 5 kegiatan, diantaranya bersama Komunitas belajar Garuda Batik (Guru Muda Berbagi Praktik baik) pada hari Minggu, 15 Oktober 2023, yang mana merupakan alumni para runner up kegiatan PembaTIK 2022 dari berbagai provinsi di Indonesia, tahun 2022 saya juga mengikuti PembaTIK, dimana saya waktu itu juga menjadi runner up atau hampir jadi Duta Teknologi. Dilanjutkan pada hari Senin, 16 Oktober 2023 bersama Komunitas Co Captain Nusantara yang mana merupakan kolaborasi antara Co-Kapten belajar.id Sumsel dengan Co-Kapten belajar Id dari daerah lainnya.

 Di Hari Selasa, jadwal webinar wajib bersama Sahabat Teknologi 2023 Sumsel, dan saya akan berkolaborasi dengan ibu Rani Nawang Sari (Kab.OKU) dan juga Bapak Febri Sulih Pambudi (Kab.Muratara). Di hari Selasa itu juga saya menjadwalkan siangnya sesi tatap muka bersama rekan guru di sekolah saya sendiri. Hal ini bisa saya lakukan mengingat jadwal webinar saya ada pada sore dan malam hari. Rencana aksi kolaborasi berikutnya adalah di hari Rabu, tanggal 18 Oktober 2023 bersama Komunitas IGI Kab. OKU Selatan untuk berbagi mengenai praktik baik pemanfaatan media pembelajaran Interaktif dalam pembelajaran dalam webinar daring. Saya juga berbagi rencana aksi blog dan juga Vlog saya. Harapannya, pengalaman saya mengikuti PembaTIK tahun 2022 yang lalu menjadi pengalaman berharga untuk memperbaiki diri lagi dan terus berdampak bagi rekan-rekan guru sejawat di manapun berada serta tentunya bagi anak didik di sekolah saya. Semoga tahun ini saya dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya.

 Kegiatan yang sangat seru ini sampai selesai pukul 18.45 WIB dikarenakan pemaparan seru dari masing-masing peserta dan ada beberapa peserta mengalami kendala teknis dengan jaringannya namun hal itu tidak menyurutkan semangat mereka untuk presentasi. Kegiatan ditutup dengan foto bersama panitia dan ke-30 peserta PembaTIK tahun 2023 Sumatera Selatan.


Salam Teknologi, Majukan Pendidikan Bertransformasi Digital.


#PembaTIK2023 #SahabatTeknologiSumsel

 #Merdekabelajar #KurikulumMerdeka #PMM

 #BLPTPusdatin #Kemdikbudristek #Belajar.id

Posting Komentar

0 Komentar