BREAKING NEWS :
Loading...

Kuliah Umum PembaTIK Level 4 Tahun 2023 Yang Luar Biasa

Baru saja mengikuti kuliah Umum PembaTIK Level 4 2023 dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 9 Oktober 2023. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan PembaTIK level 4 yang akan membekali peserta PembaTIK level 4 dengan wawasan membangun mindset inovator, pembelajaran di era digital, komunikasi digital, kolaborasi, dan public speaking. 

Dalam zoom meeting kuliah umum Pembatik level 4 ini,
Menghadirkan narasumber-narasumber hebat, diantaranya
  1. Ir. Suharti, M.A., Ph.D. (Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek )
  2. Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd.Dirjen (GTK Kemendikbudristek)
  3. Dr. M. Hasan Chabibie, S.T., M.Si. (Kepala Pusdatin Kemendikbudristek) 
  4. Wibowo Mukti, M.Si (Kepala Balai Layanan Platform Teknologi )
  5.  Lenang Manggala ( Founder Nyalanesia) 
  6. Dr. Uwes Anis Chaeruman, M.Pd (Dosen Universitas Negeri Jakarta)
  7.  Sherly Annavita Rahmi (Konten Kreator)
  8.  Epi Suhaepi (Duta Teknologi Banten 2021)  
  9. Moderator: Kajuliven Wattimena (Duta Teknologi Maluku 2019), Rolla Fardila (Duta Teknologi Jawa Barat 2022), Rini Sri Lestari (Duta Teknologi Yogyakarta 2022), I Made Agus Saputrayasa (Duta Teknologi Bali 2022), Meydia Afrina (Duta Teknologi Bengkulu 2022), Rahmat Hidayat ( Duta Teknologi Jambi 2022).
Kuliah umum dibuka oleh Bapak Dr. M. Hasan Chabibie (Kepala Pusdatin kemendikbudristek) dan juga sambutan dari ibu Ir.Suharti dan Ibu Nunuk Suryani serta Bapak Wibowo Mukti. Dalam sesi awal disampaikan mengenai rangkaian kegiatan pembatik level 4 ini yang mana akan selesai pada tanggal 25 Oktober 2023.

Dalam Kuliah umum ini, mengangkat tema "Menguatkan Ekosistem Digital Pendidikan dengan Berkarya dan Berbagi untuk wujudkan Merdeka Belajar". Banyak sekali hal-hal luar biasa yang membukan wawasan saya yang disampaikan oleh para narasumber hebat. Di sesi pertama Bapak Lenang menyampaikan tentang makna inovasi dan bentuk inovasi dalam pembelajaran. Beliau mengatakan bahwa dalam berinovasi bisa dimulai dari hal-hal kecil dan bermakna. Guru harus berinovasi karena dunia selalu berubah dan kita mau tidak mau harus siap untuk menyesuaikan diri.

Di sesi kedua dilanjutkan oleh Pak Doktor Anis yang membuka mindset saya tentang pembelajaran  Digital yang membelajarkan, dengan memberikan 4 studi kasus yang diangkat dari realita, kami diajak untuk berfikir secara kritis bagaimana tentang pembelajaran yang memanfaatkan teknologi yang semestinya dan sesuai dengan konsep pembelajaran yang membelajarkan yang melibatkan teknologi dan pedagogik(TPACK).


Semakin sore, materinya semakin menarik, yang ketiga adalah sesi dimana Pak Epi Suhaepi (Dutek Banten 2021) berbagi praktik baiknya dalam melakukan inovasi pembelajaran kepada kami para calon Duta Teknologi 2023 berikutnya.
Kemudian dilanjutkan sesi kak Sherly Annavita yang membawakan materi tentang publik 4 tips untuk mahir dalam publik speaking. Dalam sesi ini ada satu quotes dari kak sherly yang paling saya suka, tanpa komitmen maka suatu mimpi/cita-cita tidak akan pernah terjadi, tanpa konsistensi, maka sesuatu tidak akan pernah selesai.

Sesi kuliah Umum selesai pada pukul 17.00 WIB dan membuat saya menjadi lebih bersemangat untuk segera dapat berbagi dan berkolaborasi dengan rekan-rekan pembatik lainnya. 






Posting Komentar

0 Komentar