BREAKING NEWS :
Loading...

Vlog : P5 Suara Demokrasi: Suaraku Ekspresiku SMAN 1 Kisam Ilir

Assalamualaikum Wr.Wb.
Salam Merdeka Belajar, Salam sehat dan Bahagia.


Halo Bapak ibu guru semuanya. Kali ini saya mau bercerita sedikit pengalaman saya menjadi koordinator P5 di sekolah saya. Pada tahun ajaran 2023-2024 ini, sekolah tempat saya mengabdi, yaitu SMAN 1 Kiasm Ilir melaksanakan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Untuk yang pertama kalinya di tahun pelajaran 2023-2024. Hal ini sesuai dengan SK BSKAP No.028/H/KR/2023 tentang Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka tahun Pelajaran 2023-2024.

Mungkin bapak ibu sudah mengetahui bahwa P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)  adalah pembelajaran non akademik yang dilaksanakan saat jam pembelajaran yang merupakan program khusus untuk satuan pendidikan yang melaksanakan kurikulum Merdeka ini. Pelaksanaan P5 ini mengambil 20-30% jatah Kegiatan intrakuler (Mata pelajaran) dan dapat dilaksanakan baik secara reguler ataupun juga blok terpisah. Kegiatan P5 ini tidak terkait dengan mapel apapun dan bukan lah pembelajaran mata pelajaran tertentu, bisa saja penerapan dari lintas disiplin ilmu. Dalam kegiatan P5 ini, ditingkat satuan pendidikan SMA, dapat mengambil 3 tema setiap tahunnya. Adapun tema yang dapat dipilih diantaranya : Kearifan Lokal, Bangunlah Jiwa dan Raganya, Suara Demokrasi, Kewirausahaan, Gaya Hidup Berkelanjutan, dan Bhinneka Tunggal Ika, dan Berekaya dan berteknologi membangun NKRI.

Di awali dengan amanah yang diberikan oleh Kepala Sekolah, saya menjadi koordinator P5 yang diputuskan dalam rapat pembagian tugas di awal tahun ajaran ini. Hal tersebut dikarenakan saya dianggap sudah memahami Kurikulum Merdeka mengingat sering menjadi narasumber di berbagai kegiatan berbagi tentang IKM di kabupaten ataupun provinsi. Awalnya saya merasa  sedikit kesulitan, karena ini pengalaman pertama dan juga, saya merasa sedikit kelabakan karena Modul P5 belum disusun tapi tiba-tiba ditunjuk menjadi koordinator P5. 

Saya kemudian menerima tantangan itu dan kemudian langsung bergerak belajar dan mencari referensi dari Platform Merdeka Belajar serta rekan-rekan guru yang ada di sekolah lain yang telah melaksanakan P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Di sekolahnya. Saya kemudian Melakukan ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi) dari modul yang saya rasa cocok dengan kondisi dan keadaan sekolah saya. 

Tema pertama P5 kami akhirnya diputuskan adalah Suara Demokrasi mengingat seiring sejalan dengan kegiatan pemilihan Ketua OSIS yang menjadi kegiatan rutin setahun sekali yang wajib dilaksanakan di sekolah. Saya kemudian merancang kegiatannya yang dilaksanakan di mulai di minggu  awal bulan Agustus  s.d. minggu pertama Bulan Oktober tahun 2023. Puncaknya adalah Panen hasil Karya sekaligus Hari pemilihan Ketua OSIS di tanggal 4 Oktober 2023. 

Dalam kegiatan P5 Tema Suara Demokrasi : Suaraku Ekspresiku ini, saya merancangnya menjadi 4 tahapan, yaitu :

  • Tahap Pengenalan
  • Tahap Kontekstual
  • Tahap Aksi
  • Tahap Refleksi & Tindak Lanjut
Setiap tahapan mempunyai aktifitas yang berbeda dan saya merancang pelibatan pihak luar yaitu PPK (Panitia Pengawas Kecamatan) untuk menjadi narasumber dalam tahap Kontekstual untuk berbagi dengan siswa/i di SMAN 1 Kisam Ilir mengenai Pentingnya Berkontribusi dalam Pemilihan Umum.

Tidak lupa, saya juga merancang kegiatan yang mengintegrasikan TIK didalam nya diantaranya saat kami menggunakan salah satu fitur GWFE, yaitu  Googleform dalam membuat survey untuk siswa terkait gaya penggunaan Media Sosial mereka. Google Form membuat pekerjaan survey menjadi mudah, paperless dan juga membuat pengolahan data menjadi lebih cepat dan akurat.

Dalam perjalanan saya menjadi seorang Koordinator mendampingi dan mengawal jalannya kegiatan P5, saya merefleksikan diri bahwa masih banyak yang saya harus benahi sebagai PR diri saya sebagai tanggung jawab atas suksesnya kegiatan P5 Suara Demokrasi ini. Saya menyadari dalam pelaksanaan tugas sebagai Koordinator, beberapa kali terjadi miskomunikasi antara fasilitator dalam memahami panduan yang saya buat di Modul P5 ini. Akan tetapi, hal ini menjadi sebuah pembelajaran berharga kedepannya bagi saya dan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan bagi saya.

Dari hasil refleksi bersama siswa /i juga, mereka merasa senang dengan kegiatan P5 karena membuat mereka menjadi memahami bagaimana pentingnya berdemokrasi dan menjadi kreatif serta bergotong royong untuk mewujudkan demokrasi yang sehat disekolah.

Meski dengan alat seadanya, saya mencoba mendokumentasikan dan mengunggah Vlog kegiatan ini agar dapat menjadi kenangan dikemudian hari dan agar para bapak ibu guru hebat yang kebetulan main ke blog saya sekiranya dapat memberikan masukan terhadap apa yang telah kami lakukan ini. Video ini juga saya coba kirimkan dalam kegiatan Apresiasi GTK tahun 2023. Selamat menonton dan jangan lupa berikan masukannya ya. 




#PembaTIK2023
#BLPT#KemdikbudristekRI
 #MerdekaBelajar #PMM #GWFE #CanvaForEDU
#P5 #ProyekPenguatanProfilPelajarPancasila
#STKSumsel


Posting Komentar

0 Komentar